IT Management

Native Enterprise | IT Management Training

Bidang IT tidak hanya mencakup sisi technical saja, namun sisi management atau pengelolaannya pun termasuk hal yang sangat penting terutama terkait dengan layanan IT dalam ruang lingkup bisnis dan perusahaan. Untuk mempermudah tata kelola IT ini, ada beragam framework atau kerangka yang dapat digunakan sebagai standarisasi atau sebagai acuan utama.

Berikut ini daftar lengkap materi Training dan Pelatihan IT Management di Native Enterprise. Klik pada judul materi untuk men-download silabusnya dalam format PDF.


BYOD Fundamentals

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar pengelolaan perangkat bergerak atau Mobile Devices seperti misalnya Laptop, Smartphone, dan Tablet yang digunakan untuk menunjang aktifitas pekerjaan sehari-hari dalam ruang lingkup suatu organisasi atau bisnis dan perusahaan. Mobile Devices ini umumnya dimiliki serta diakses secara bebas oleh End User sehingga perusahaan tentunya harus memperhatikan tingkat keamanannya serta menerapkan batas-batas pengaturan yang jelas serta transparan terkait penggunaannya di lingkungan perusahaan tersebut.

CISA for IT Auditor

Training ini membahas materi pengembangan, pengaturan, dan pelaksanaan audit dalam bidang IS (Information System) atau yang lebih dikenal dengan istilah IT Audit. Peserta akan mempelajari konsep-konsep IT Audit, kontrol, pengawasan, hingga teknologi keamanan jaringan yang umum diterapkan dalam ruang lingkup bisnis dan perusahaan.

COBIT Foundation

Training ini memberikan konsep dan pemahaman dasar tentang framework COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) yang merupakan sebuah kerangka dasar dan panduan untuk membantu mengelola kebijakan IT Governance berdasarkan standar best practice yang sudah dikeluarkan oleh IT Governance Institute dan tentunya sesuai dengan standarisasi Internasional.

IT Asset Management

IT Asset Management adalah sebuah kerangka fundamental untuk mengatur aset-aset yang terkait dengan bidang IT, baik aset berupa perangkat lunak hingga perangkat keras.

Training ini akan membahas konsep dasar IT Asset Management agar peserta dapat memahami pentingnya memiliki suatu kerangka pengaturan aset-aset IT dengan tujuan untuk membangun kredibilitas IT yang baik dan terukur dalam ruang lingkup organisasi maupun bisnis.

IT Project Management

Training ini memberikan konsep-konsep dasar dan pemahaman untuk pengaturan dan perencanaan suatu Project dalam ruang lingkup Teknologi Informasi. Pokok bahasan materinya meliputi pengenalan IT Project Management; penggunaan Project Charter; pengaturan sumber daya manusia yang terkait dengan Project; serta cakupan atau ruang lingkupnya.

Untuk membantu pemahaman peserta, materi training ini disampaikan dengan menggunakan bantuan software Microsoft Project yang merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan untuk keperluan pengelolaan suatu project.

IT Risk Management

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar untuk pengelolaan berbagai risiko yang mungkin terjadi di bidang IT dalam ruang lingkup organisasi, bisnis dan perusahaan.

Pokok bahasan materi dalam training ini meliputi pengertian atau pemahaman tentang dampak risiko dan bagaimana kaitannya dengan perusahaan atau organisasi secara keseluruhan; konsep pengembangan dan pengelolaan rencana yang lebih efektif untuk mengurangi terjadinya risiko IT; serta bagaimana menerapkan suatu standarisasi untuk pengelolaan risiko IT yang mungkin terjadi.

IT Service Management Fundamentals

Information Technology Service Management (ITSM) adalah sebuah petunjuk atau panduan proses yang dijalankan terkait dengan tata kelola IT dalam sebuah organisasi agar penerapan IT dalam organisasi tersebut bisa lebih efisien dan efektif.

Training ini membahas konsep, pemahaman dasar, serta best practices ITSM yang berbasis framework IT Infrastructure Library (ITIL) dalam ruang lingkup bisnis dan perusahaan.

IT Service Management Implementation

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas IT serta efisiensi layanan IT kepada pengguna adalah dengan menerapkan Manajemen Layanan Teknologi Informasi atau Information Technology Service Management (ITSM).

Training ini akan membahas penerapan ITSM sebagai best practices untuk tata kelola IT kepada pengguna dengan mengacu pada ISO 20000 dan framework IT Infrastructure Library (ITIL).

IT Help Desk Management

Help Desk adalah suatu unit kesatuan yang merupakan gabungan dari beberapa grup. Fungsi utama Help Desk adalah sebagai pemberi layanan terpusat kepada semua pengguna IT dalam suatu organisasi.

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar untuk penerapan Help Desk dalam ruang lingkup bisnis dan perusahaan. Pokok materi yang dibahas diantaranya mencakup penyusunan rencana; penentuan layanan; pengukuran kinerja; penggunaan perangkat dan teknologi Help Desk; termasuk materi Self-Management serta Soft-Skills yang mutlak dibutuhkan dalam proses penyampaian layanan kepada pengguna.

IT Service Operation

Materi training ini membahas konsep dan pemahaman dasar IT Service Operation yang merupakan salah satu bagian dari framework ITIL (Information Technology Infrastructure Library), yaitu suatu kerangka yang mengatur pengelolaan layanan IT yang efektif dalam ruang lingkup suatu organisasi atau perusahaan, dengan bersandar pada best practices yang umum digunakan.

Pokok bahasan utamanya diawali dari pengenalan IT Service Operation, prinsip-prinsip dasar Service Operation, proses dan aktifitasnya, hingga pertimbangan teknologi yang digunakan.

IT Infrastructure Library Foundation

Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah sebuah kerangka atau framework yang mengatur suatu pendekatan sistematis tentang cara penyampaian layanan IT yang berkualitas terutama dalam ruang lingkup organisasi, bisnis, dan perusahaan.

Training ini membahas konsep dasar kerangka ITIL yang dibagi kedalam 5 fase yang saling berkesinambungan, yaitu Service Strategy; Service Design; Service Transition; Service Operation; dan Continual Service Improvement (CSI).

Managing Projects using Microsoft Project Desktop

Training ini akan memberikan konsep dan pemahaman dasar tentang penggunaan aplikasi Microsoft Project, yaitu sebuah aplikasi berbasis desktop dari Microsoft yang digunakan untuk mengatur atau mengelola suatu project.

Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan memiliki dasar-dasar penggunaan aplikasi Microsoft Project serta mengenal konsep dasar pengelolaan project dengan bantuan aplikasi Microsoft Project tersebut.

Managing Projects using Microsoft Project Server

Training ini akan memberikan konsep dan pemahaman dasar tentang Microsoft Project Server, yaitu sebuah perangkat sekaligus layanan kolaborasi dari Microsoft yang bisa digunakan untuk mengatur suatu project secara bersama-sama dalam satu tim kerja.

Managing Projects using Oracle Primavera

Training ini membahas konsep, pemahaman, dan penggunaan dasar aplikasi Oracle Primavera untuk mengatur atau mengelola suatu project. Pokok bahasan materinya diantaranya meliputi pengenalan aplikasi Primavera; penyusunan rencana project; pembuatan project baru; penggunaan kalendar untuk project; penerapan WBS dan relasinya; penggunaan Filter; hingga pengenalan Report.

Software Project Management

Training ini membahas tentang teknik dan konsep dasar dalam pengelolaan project yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak atau software. Pokok bahasan utama dari materi training ini meliputi bagaimana caranya membangun sebuah team untuk keberhasilan pembuatan software yang tepat waktu, tidak over budget dan dapat memenuhi kebutuhan customer; serta bagaimana membangun komunikasi yang efektif antar team member, customer, dan stakeholder.

Software Quality Assurance

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar Software Quality Assurance (SQA) yang merupakan sebuah kerangka panduan untuk menghasilkan suatu produk perangkat lunak atau software yang berkualitas tinggi.

Materi yang dibahas dalam training ini diantaranya meliputi pengertian kualitas dan reliabilitas; 4 dimensi kualitas; kualitas produk software; pengaruh lingkungan terhadap kualitas pengembangan software; verifikasi; validasi; hingga proses akhirnya.

System Analysis and Design

Training ini akan memberikan konsep dan pemahaman dasar untuk proses perencanaan, implementasi, serta analisa yang tepat dalam merancang suatu sistem Teknologi Informasi di lingkungan organisasi, bisnis, dan perusahaan.

Pokok bahasan materinya meliputi pengertian tentang System Analyst, konsep pelaksanaan project, analisa kasus, Process Modelling, Data Modelling, perencanaan arsitektur, perencanaan UI, pengaturan storage, hingga perencanaan migrasi serta implementasinya.

TOGAF Foundation

TOGAF (The Open Group Architecture Framework) adalah sebuah metodologi dan kerangka arsitektur kelas enterprise yang banyak digunakan serta dijadikan acuan dasar di organisasi atau perusahaan besar di dunia untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Training ini akan memberikan konsep dan pemahaman tentang kerangka TOGAF versi 9.1 dan bagaimana penerapannya secara praktis agar dapat mendukung desain dan implementasi arsitektur organisasi atau perusahaan.

Unified Modeling Language

Unified Modeling Language (UML) adalah suatu metodologi untuk membuat model desain program yang berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML tidak hanya digunakan dalam bidang Software Engineering, namun juga dapat diterapkan pada proses bisnis hingga struktur data.

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar tentang UML. Pokok bahasan materinya terutama meliputi pengenalan dan penerapan UML serta jenis-jenis diagram dalam model UML.


Untuk informasi lebih lanjut, request quotation, serta pendaftaran training, silahkan hubungi kami lewat halaman Contact di website ini atau lewat Contact Form berikut ini.