Office Applications

Native Enterprise | Office Applications Training

Istilah Office Application atau aplikasi perkantoran merujuk pada seperangkat aplikasi bagi End-Users yang umum digunakan di kalangan bisnis dan perusahaan, contohnya seperti aplikasi untuk menulis dan menyusun dokumen, aplikasi untuk membuat tabel data, atau aplikasi untuk menyusun presentasi. Contoh aplikasi yang sangat populer untuk keperluan ini misalnya saja Word, Excel, dan PowerPoint dari Microsoft atau OpenOffice dan LibreOffice yang bersifat Open Source.

Dalam pengembangan lebih lanjut, aplikasi perkantoran saat ini sudah dapat terintegrasi secara penuh dengan layanan online berbasis Cloud.

Berikut ini daftar lengkap materi Training dan Pelatihan Office Applications di Native Enterprise. Klik pada judul materi untuk men-download silabusnya dalam format PDF.


Excel for Business Users

Aplikasi Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam aktifitas pekerjaan sehari-hari, terutama untuk keperluan perhitungan data; pengolahan data; hingga analisa data.

Training ini akan membahas penggunaan perintah dasar serta fitur-fitur utama pada aplikasi Microsoft Excel yang umum diterapkan di lingkungan bisnis dan perusahaan. Pokok bahasan materinya dimulai dari pengenalan manajemen data pada Excel, penggunaan fitur-fitur manajemen data, hingga pengenalan Formula dan Functions untuk mempermudah proses penghitungan data.

Excel for Advanced Users

Aplikasi Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam aktifitas pekerjaan sehari-hari, terutama untuk keperluan perhitungan data; pengolahan data; hingga analisa data.

Training ini akan membahas penggunaan fitur dan perintah lanjutan pada aplikasi Microsoft Excel yang umum diterapkan di lingkungan bisnis dan perusahaan. Pokok bahasan materinya diantaranya meliputi pengaturan opsi Excel, Formula dan Fungsi lanjutan, Manajemen Data pada Excel, What-IF Analysis, hingga pengenalan konsep BI pada Excel.

Excel Dashboards and Reports

Salah satu kegunaan utama dari aplikasi Microsoft Excel, terutama dalam lingkungan bisnis dan perusahaan adalah untuk keperluan pengolahan data. Kumpulan data yang telah diolah tersebut kemudian dapat direpresentasikan menjadi visualisasi yang umum disebut dengan Dashboard.

Materi training ini membahas tentang konsep pembuatan Dashboard dan Report pada aplikasi Excel untuk membuat suatu ringkasan data menjadi bentuk visualisasi yang rapih dan professional, serta lebih mudah untuk dianalisa lebih lanjut.

PowerPoint for Business Users

Microsoft PowerPoint yang merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office adalah aplikasi yang ditujukan untuk pembuatan presentasi, terutama dalam ruang lingkup akademik, bisnis, dan perusahaan.

Dalam training ini peserta akan mempelajari konsep dasar penggunaan aplikasi PowerPoint, mempelajari perintah-perintah utamanya, termasuk fitur PowerPoint yang umum digunakan.

Word for Business Users

Microsoft Word yang merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office adalah aplikasi yang ditujukan untuk pembuatan dokumen seperti misalnya surat, makalah, proposal, dan dokumen lainnya yang umum digunakan dalam ruang lingkup akademik, bisnis, dan perusahaan.

Training ini akan membahas konsep dasar penggunaan aplikasi Word untuk menyusun sebuah dokumen yang lengkap. Materi yang dibahas diantaranya adalah pengaturan format; pengaturan halaman dokumen; penggunaan object-object selain text untuk melengkapi dokumen; Mail Merge; serta review dokumen.

Access for Business Users

Training ini membahas tentang konsep dan pemahaman dasar untuk pembuatan, penyusunan, serta pengolahan data dalam sebuah database dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access.

Pokok bahasan utama dalam training ini meliputi pengenalan aplikasi Microsoft Access; pembuatan tabel dalam Microsoft Access; pengenalan Query, pembuatan Form dan Report, hingga pengenalan struktur database Microsoft Access serta relasinya.

Office 365 Essentials

Training ini lebih ditujukan bagi kalangan organisasi, bisnis, dan perusahaan yang baru saja menggunakan atau sedang mempertimbangkan untuk mulai beralih ke layanan Microsoft Office 365.

Pokok bahasan materinya meliputi konsep dasar penggunaan dan penerapan Office 365 bagi kalangan End Users; termasuk pemeliharaan serta pengaturan konfigurasi Office 365 dalam ruang lingkup enterprise.

Office for End Users

Training ini membahas tiga aplikasi utama dari paket aplikasi Microsoft Office yaitu aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, serta Microsoft PowerPoint, dimana ketiga aplikasi tersebut umum digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan individu atau personal, organisasi, akademik, hingga bisnis dan perusahaan.

Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta dapat menggunakan perintah-perintah utama pada aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint hingga kemudian dapat diterapkan dalam ruang lingkup pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari.

OpenOffice for End Users

Apache OpenOffice adalah paket aplikasi perkantoran (Office Suite) yang bersifat open-source dan menggunakan format file OpenDocument (ODF). OpenOffice tersedia untuk multiple platform seperti Windows, Linux, hingga MacOS.

Training ini membahas konsep, penggunaan, serta penerapan dasar tiga aplikasi utama yang terdapat dalam paket aplikasi OpenOffice yaitu Writer, Calc, dan Impress. Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta dapat menggunakan fitur serta perintah-perintah utama pada OpenOffice hingga kemudian dapat diterapkan dalam ruang lingkup pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari.

LibreOffice for End Users

LibreOffice adalah paket aplikasi perkantoran (Office Suite) yang bersifat open-source dan menggunakan format file OpenDocument (ODF). OpenOffice tersedia untuk multiple platform seperti Windows, Linux, hingga MacOS.

Training ini membahas konsep, penggunaan, serta penerapan dasar tiga aplikasi utama yang terdapat dalam paket aplikasi LibreOffice yaitu Writer, Calc, dan Impress. Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta dapat menggunakan fitur serta perintah-perintah utama pada LibreOffice hingga kemudian dapat diterapkan dalam ruang lingkup pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari.


Untuk informasi lebih lanjut, request quotation, serta pendaftaran training, silahkan hubungi kami lewat halaman Contact di website ini atau lewat Contact Form berikut ini.