Visual Studio

Native Enterprise | Visual Studio Training

Visual Studio adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) dari Microsoft yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows, Website, aplikasi Web, hingga Web Services. Karena dibuat oleh Microsoft, maka Visual Studio sudah tentu menggunakan Software Development Platform dari Microsoft juga, seperti misalnya Windows API, Windows Forms, Windows Presentation Foundation, Windows Store, dan Microsoft Silverlight.

Beragam bahasa pemrograman disertakan secara built-in didalam Visual Studio, diantaranya adalah C, C++, Visual Basic .NET, C#, dan F#. Namun selain itu Code Editor dan Debugger pada Visual Studio juga mendukung bahasa pemrograman lainnya seperti misalnya Python, Ruby, Node.js, XML/XSLT, HTML/XHTML, JavaScript, hingga CSS. Dukungan untuk bahasa ini tersedia lewat Language Services yang bisa di-install secara terpisah.

Berikut ini daftar lengkap materi Training dan Pelatihan Visual Studio di Native Enterprise. Klik pada judul materi untuk men-download silabusnya dalam format PDF.


Building SOA Application using WCF and Visual Studio

Kebutuhan akan pertukaran data antar platform yang berbeda yang dapat memenuhi penyajian data yang cepat, aman dan reliable semakin dibutuhkan saat ini. Kondisi ini membuat Microsoft meng-implementasikan SOA (Software Oriented Architecture) dengan menyajikan Framework WCF (Windows Communication Foundation).

Training ini memberikan pemahaman dan teknik membangun Services pada platform .NET dengan menggunakan Visual Studio. Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta dapat membangun aplikasi berbasiskan Services atau SOA dengan menggunakan Entity Framework dan LINQ sebagai data aksesnya.

Data Access Programming using Entity Framework

Training ini membahas tentang penggunaan Entity Framework sebagai salah satu akses data yang disediakan dalam .NET framework. Entity Framework merupakan tools Object Relational Mapping (ORM) dari Microsoft yang banyak digunakan di berbagai macam jenis aplikasi sebagai komponen untuk mengakses dan memanipulasi data yang tersimpan di beragam database seperti misalnya SQL Server dan Oracle.

Dengan adanya dukungan LINQ to Entity Framework, kalangan developer akan lebih mudah untuk melakukan query data. Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan mampu membangun aplikasi berbasis bisnis dengan menggunakan Entity Framework sebagai perangkat untuk akses datanya.

Developing ASP.NET Web Form Application

Training ini membahas tentang konsep dan teknik pengembangan aplikasi berbasis web dengan menggunakan framework ASP.NET Web Form. Penguasaan konsep dan teknik yang dibahas di materi ini merupakan suatu hal yang wajib dipahami dan dikuasai oleh kalangan developer sebelum membangun aplikasi yang berbasis data atau bisnis. Kemudian karakteristik aplikasi desktop dengan aplikasi web juga merupakan hal yang sangat berbeda, oleh karena itu pemahaman mengenai mekanisme aplikasi web merupakan suatu hal yang penting.

Pembahasan materi dalam training ini meliputi penggunaan Visual Studio untuk membangun ASP.NET Web, Server Control, penggunaan CSS, Master Pages, navigasi, ASP.NET Ajax hingga teknik Deployment. Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta sudah memiliki dasar yang cukup untuk melanjutkan pengembangan ke aplikasi web yang berbasis data.

Developing Database Web Application with ASP.NET Web Form

Training ini membahas tentang konsep dan teknik pengembangan aplikasi web berbasis data dengan menggunakan framework Microsoft ASP.NET. Microsoft telah menyediakan beberapa library yang dapat digunakan untuk akses dan manipulasi data yang disimpan di berbagai macam sumber data seperti misalnya relasional database, non-relasional database, flat file seperti TXT maupun XML.

Teknik akses data tersebut meliputi ADO.NET, LINQ, Entity Framework, hingga WCF Data Services. Dan pemahaman serta penguasaan teknik-teknik tersebut wajib dipenuhi oleh seorang developer untuk membangun aplikasi web yang berbasiskan bisnis.

Developing Web Application using ASP.NET MVC

Materi training ini membahas konsep pembuatan aplikasi web yang berbasis platform Microsoft .NET dengan menggunakan pola kerangka kerja MVC (Model View Controller Framework), dimana ASP.NET yang dibangun dengan MVC Framework ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan ASP.NET Web Form biasa, yaitu perbedaan dalam penggunaan fitur ViewState, Page Event Life Cycle, Testability, dan lain sebagainya.

Pokok bahasan materi dalam training ini meliputi pengenalan ASP.NET MVC; pengenalan dan penggunaan fitur-fitur utama MVC; hingga proses Deployment.

Developing Windows Store Apps using HTML5 and JavaScript

Training ini membahas tentang konsep dan teknik untuk membangun aplikasi berbasis desktop atau tablet diatas sistem operasi Windows 8/10. Antarmuka yang dikenal sebelumnya dengan Metro Style dan kini dikenal dengan Windows 8/10 Modern UI telah membuat aplikasi pada Windows 8/10 menjadi lebih menarik untuk dilihat dan mudah untuk digunakan. Konsep live tile yang merupakan salah satu fitur di Windows 8/10 menitikberatkan pada konten sehingga user akan lebih fokus pada konten yang terdapat di dalam aplikasi tersebut. Selain itu masih banyak fitur-fitur spesifik lainnya yang membedakan aplikasi Windows Store Apps dengan aplikasi tradisional Windows lainnya.

Dengan menggunakan HTML5 dan JavaScript tentunya akan memberikan keuntungan bagi kalangan developer yang sudah memiliki keahlian dalam bidang web development sebelumnya karena tingkat learning curve yang relatif rendah.

Developing Windows Store Apps using XAML

Training ini membahas tentang konsep dan teknik untuk membangun aplikasi berbasis desktop atau tablet diatas sistem operasi Windows 8/10. Antarmuka yang dikenal sebelumnya dengan Metro Style dan kini dikenal dengan Windows 8/10 Modern UI telah membuat aplikasi pada Windows 8/10 menjadi lebih menarik untuk dilihat dan mudah untuk digunakan. Konsep live tile yang merupakan salah satu fitur di Windows 8/10 menitikberatkan pada konten sehingga user akan lebih fokus pada konten yang terdapat di dalam aplikasi tersebut. Selain itu masih banyak fitur-fitur spesifik lainnya yang membedakan aplikasi Windows Store Apps dengan aplikasi tradisional Windows lainnya.

Dengan menggunakan XAML dan bahasa .NET, baik dengan tools Visual Basic ataupun C#, tentunya akan memberikan keuntungan bagi kalangan developer yang sudah memiliki keahlian dalam pengembangan aplikasi WPF atau Silverlight sebelumnya karena tingkat learning curve yang relatif rendah.

Implementing Microservices and Messaging Architecture in Distributed System

Microservices merupakan kumpulan services yang relatif kecil, bersifat Decouple, Isolated, serta dapat memiliki database masing-masing untuk setiap services-nya. Dalam training ini peserta akan mempelajari konsep, pemahaman, serta teknik implementasi Microservices dan Messaging untuk membangun sistem terdistribusi yang reliable dan scalable dengan menggunakan framework Open Source yaitu RabbitMQ untuk message broker serta MassTransit untuk service broker.

Pokok bahasan utamanya diantaranya meliputi Distributed Systems; Message Broker; Messaging Patterns; Service Bus; Microservices; Implementing RabbitMQ to Send and Receive Messages; Implementing Service Bus with MassTransit; Middleware and Pipeline.

Untuk mengambil materi training ini diharapkan peserta sudah memiliki pemahaman tentang konsep development, khususnya OOP pada platform Microsoft C# atau Microsoft VB .NET.

Software Testing using Visual Studio

Software testing merupakan salah satu tahap yang cukup penting dalam siklus pengembangan sebuah aplikasi hingga dapat menghasilkan sebuah aplikasi yang berkualitas dan mudah proses pemeliharaannya setelah melewati tahap produksi.

Training ini ditujukan untuk kalangan software developer dan software tester. Pokok bahasan materinya meliputi konsep dan teknik testing dengan menggunakan tools Visual Studio dan Microsoft Test Manager. Diharapkan setelah mengikuti training ini peserta dapat mengimplementasikan berbagai macam teknik testing untuk beberapa jenis aplikasi seperti desktop maupun web.

Team Foundation Server

Training ini membahas tentang penggunaan Microsoft Team Foundation Server sebagai tools untuk implementasi Application Lifecycle Management. Pokok bahasan materinya meliputi proses instalasi, Source Control, Automation Builds, Release Management, implementasi metodologi Scrum, hingga Report serta Dashboard.

Visual Basic Programming Fundamental

Training ini membahas tentang konsep dan pemahaman dasar bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic secara lengkap. Pokok bahasan materinya diantaranya meliputi arsitektur .NET framework, penggunaan tools, penggunaan sintaks, hingga konsep deployment.

Pemahaman dan keahlian tentang bahasa pemrograman ini dibutuhkan sebagai pondasi dasar dalam membangun aplikasi yang lebih spesifik seperti misalnya aplikasi desktop, aplikasi web, hingga aplikasi mobile.

Visual C# Programming Fundamental

Materi ini merupakan materi dasar dan wajib untuk para programer yang akan mendalami atau membuat aplikasi berbasis .NET Framework dengan tools Microsoft Visual C#. Pokok bahasan materi dalam training ini diantaranya meliputi konsep .NET, jenis-jenis aplikasi .NET, struktur program C#, penanganan error, hingga Object Oriented Programming (OOP).

Windows Presentation Foundation Application Development

Materi training ini membahas tentang konsep dan teknik pengembangan aplikasi berbasis desktop atau Windows dengan menggunakan Windows Presentation Foundation (WPF). WPF merupakan framework terbaru untuk pengembangan aplikasi desktop setelah Windows Forms yang ditujukan untuk membangun aplikasi Smart Client yang lebih modern dari sisi User Interface dan rendering graphic yang lebih optimal.

Selain itu dengan WPF juga akan lebih mudah untuk membuat custom control yang kompleks bila dibandingkan dengan Windows Forms. WPF juga memiliki fitur XBAP Deployment yang memungkinkan aplikasi untuk di-deploy ke Web Server dan dijalankan melalui Web Browser seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

Windows Workflow Foundation

Materi training ini membahas tentang teknik pembuatan aplikasi dengan cara deklaratif programming. Workflow Foundation (WF) merupakan framework untuk membangun aplikasi dan service logic secara deklaratif yang dapat menangani proses secara Asynchronous, Parallel Tasks dan pemrosesan kompleks lainnya.

WF membangun aplikasi dengan Workflow; Activities untuk membantu mendefinisikan logika; Flow Control; serta mampu secara instant untuk meng-implementasikan perubahan business logic terhadap aplikasi. User Interface yang digunakan untuk membuat aplikasi WF ini memanfaatkan teknologi Windows Presentation Foundation (WPF).

.NET Language Design Patterns

Training ini membahas tentang implementasi beberapa Design Patterns yang umum digunakan dalam bahasa pemrograman .NET seperti C# dan VB. Design Patterns merupakan sebuah solusi untuk memecahkan beberapa permasalahan yang sering ditemukan secara berulang-ulang dalam mendesain sebuah sofware. Design Patterns juga membahas tentang interaksi antar object sehingga nantinya Patterns yang di-implementasikan tersebut akan bersifat Reusable.


Untuk informasi lebih lanjut, request quotation, serta pendaftaran training, silahkan hubungi kami lewat halaman Contact di website ini atau lewat Contact Form berikut ini.