Web Development

Native Enterprise | Web Development Training

Semakin meluasnya penggunaan Internet di berbagai bidang membuat kalangan bisnis dan perusahaan mulai meninggalkan aplikasi berbasis desktop dan mulai beralih ke aplikasi yang berbasis web. Keuntungan utama dari aplikasi yang berbasis web adalah kompatibilitas untuk semua platform. Kalangan pengguna tidak harus melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu namun dapat langsung menggunakannya lewat web browser. Ada banyak produk dan teknologi, termasuk framework yang dapat mempermudah kalangan developer dalam mengembangkan aplikasi yang berbasis web ini.

Berikut ini daftar lengkap materi Training dan Pelatihan Web Development di Native Enterprise. Klik pada judul materi untuk men-download silabusnya dalam format PDF.


Web Development using HTML5, CSS3, and JavaScript

Training ini membahas tentang konsep pengembangan aplikasi web yang berbasis HTML5, CSS3, dan JavaScript dengan menggunakan tools Microsoft Visual Studio. HTML5 dan JavaScript bukan hanya digunakan untuk membangun aplikasi web, namun dapat juga digunakan untuk membangun aplikasi Windows Store yang berjalan di atas sistem operasi Windows 8 / Windows 10, sehingga disamping mempelajari aplikasi web, peserta juga akan memahami konsep dasar pengembangan aplikasi berbasis HTML dan JavaScript untuk sistem operasi Windows 8 / Windows 10.

Angular Web Application Development

Training ini membahas tentang pengembangan aplikasi web dengan menggunakan Angular, yaitu framework berbasis JavaScript yang pada awalnya dibangun oleh Google. Framework ini menerapkan konsep penggunaan Component dalam implementasinya. Angular saat ini merupakan salah satu web front end framework yang cukup populer dalam pengembangan web. Untuk styling sudah disediakan Material Design Component yang akan membuat tampilan web lebih bagus untuk dilihat.

Penggunaan framework Angular tidak membutuhkan basic TypeScript dan JavaScript. TypeScript merupakan superset dari JavaScript yang menyediakan fitur-fitur OOP dalam pengembangannya seperti layaknya bahasa OOP yang lain. Selain itu TypeScript juga lebih strict dalam penulisan kode, sehingga kesalahan penulisan kode dapat dideteksi sebelum aplikasi dijalankan.

Ext JS Web Application Development

Materi training ini membahas tentang pengembangan aplikasi web dengan menggunakan framework Ext JS yang berbasiskan Java Script. Ext JS merupakan framework  client side yang powerfull dengan menyediakan control UI yang kaya dan modern seperti misalnya Grid, Chart, Theme, hingga Layout Table. Pada versi terbarunya, Ext JS menggabungkan komponen-komponennya dengan Sencha Touch framework yang merupakan komponen untuk membuat UI dengan target Mobile Device yang memberikan tampilan native di setiap platformnya.

Ext JS juga menggunakan pattern MVC dan MVVM dalam implementasinya sehingga membuat penulisan kode yang lebih reusable dan mudah untuk dikelola.

Web App Development using Node.js Express and MongoDB

Materi training ini membahas tentang pengembangan aplikasi web dengan menggunakan Express sebagai Routing Engine; MongoDB sebagai database untuk penyimpanan data; dan Node.js sebagai Backend atau Runtime Environment aplikasi web yang berbasis Java Script. View Engine untuk menampilkan data atau object di HTML-nya bisa menggunakan Jade, EJS, atau view engine lainnya yang umum digunakan.

Dalam training ini juga dibahas komponen lainnya yang masih berhubungan dengan penggunaan Node.js yaitu Gulp yang merupakan Streaming Build System dan digunakan untuk melakukan otomatisasi task seperti misalnya monitoring files. Dalam materi ini juga dibahas teknik akses dan manipulasi data melalui REST Services.

Web Development Essentials using WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang bersifat Open Source dan paling banyak digunakan hingga saat ini untuk membangun sebuah Website yang berbasiskan Engine PHP dan Database MySQL. Penggunaan WordPress dalam sebuah website sangatlah luas dan dapat diterapkan untuk semua kalangan, mulai dari kalangan personal, organisasi, akademik / pendididikan, hingga kalangan bisnis dan perusahaan.

Training ini membahas konsep dan pemahaman dasar untuk membangun website dengan mudah dan cepat dengan menggunakan WordPress. Pokok bahasan materinya diantaranya meliputi pengenalan Website, pengenalan WordPress, instalasi WordPress, konfigurasi WordPress, pengisian dan pengaturan konten, hingga pengelolaan pengguna.

Building RESTful Services using ASP.NET Web API

Kebutuhan akan pertukaran data antar platform dan perangkat yang berbeda yang dapat memenuhi penyajian data yang cepat, aman, dan reliable semakin dibutuhkan saat ini. Kondisi ini membuat Microsoft meng-implementasikan SOA (Software Oriented Architecture) dengan menyajikan framework ASP.NET Web API.

Training ini membahas framework ASP.NET Web API tersebut yang merupakan platform yang digunakan untuk membangun HTTP Services atau RESTful Services yang dapat diakses dengan beragam perangkat atau beragam aplikasi seperti aplikasi mobile, aplikasi web, dan aplikasi desktop. Metode pengaksesan data dilakukan melalui http verb sehingga kompatibilitas dalam hal pengaksesan datanya cukup tinggi. Output tipe data yang dihasilkan oleh services tersebut berupa xml dan json yang dapat dikonsumsi oleh beragam platform.


Untuk informasi lebih lanjut, request quotation, serta pendaftaran training, silahkan hubungi kami lewat halaman Contact di website ini atau lewat Contact Form berikut ini.