Excel Query Editor Fast Track Training


Online Training 1 (Satu) Hari Intensif via Zoom Workplace.

  • Tanggal: By Request
  • Jam: 09.00 – 16.00 WIB
  • Biaya: 500.000 IDR / Peserta
    Tidak ada minimum kuota peserta. Training akan tetap berjalan dengan 1 peserta tanpa harus menunggu peserta lainnya




Deskripsi Training

Online Training ini membahas salah satu fitur penting pada Excel yaitu Power Query Editor yang tersedia secara gratis dan terintegrasi langsung dengan Excel. Query Editor merupakan tools yang digunakan untuk mengimpor data dari berbagai sumber, melakukan transformasi, membersihkan, menyiapkan data agar siap digunakan dalam pembuatan laporan, serta menjalankan proses otomatisasi pengolahan data yang berulang.

Setelah mengikuti Online Training ini peserta diharapkan dapat memahami kegunaan Query Editor pada Excel serta mulai dapat menerapkannya untuk mengolah, menyiapkan, dan mengotomatisasi proses pengolahan data dari berbagai sumber dengan lebih cepat, efisien, dan konsisten, sehingga dapat mendukung kebutuhan penyusunan laporan.

Penyampaian materi dalam Online Training ini berupa Lab dan Practice yang dipandu oleh trainer / pemateri yang telah bersertifikasi dan berpengalaman dalam bidangnya.


Outline Materi

Pengenalan Query Editor pada Excel

  • Konsep Tabel Data Ideal
  • Kegunaan Utama Query Editor
  • Integrasi Query Editor pada Excel
  • Cara Kerja Query Editor
  • Terminologi Dasar

Koneksi dan Pemrosesan Data Awal

  • Alur Kerja Query Editor pada Excel
  • Menghubungkan Query Editor ke Sumber Data
  • Preview Data dan Load Data
  • Merubah Sumber Data dan Refresh Data

Operasi Dasar Query Editor pada Excel

  • Menjalankan Query Editor
  • Navigasi Antarmuka Query Editor
  • Menjalankan Perintah Query dengan Tombol pada Ribbon
  • Menjalankan Perintah Query dengan Context Menu
  • Menggunakan Panel Query Settings
  • Mengatur Tipe dan Format Data
  • Menghapus Baris dan Kolom Data
  • Memperbaiki Judul Kolom
  • Mengganti Data
  • Mengisi Data Null
  • Membagi Data kedalam Beberapa Kolom
  • Menerapkan Hasil Query ke Excel

Transformasi dan Restrukturisasi Data

  • Menghapus Duplikasi Data
  • Memutar Tabel Data
  • Merubah Baris Data Menjadi Header
  • Merubah Header Menjadi Baris Data

Formula Dasar pada Query Editor

  • Mengenal Perintah Add Column
  • Menggunakan Preset Formula untuk Kalkulasi Dasar
  • Menggunakan Preset Formula untuk Pengaturan Teks
  • Membuat Kolom Berdasarkan Kondisi Tertentu dengan Conditional Column
  • Membuat Custom Column untuk Formula Bebas

Rekap dan Ringkasan Data

  • Membuat Duplikasi Query
  • Mengatur Sumber Data Hasil Duplikasi
  • Menggabungkan Data dengan Perintah Append
  • Menggabungkan Data dengan Perintah Merge
  • Membuat Ringkasan Data dengan Perintah Group By

Validasi dan Pembersihan Data

  • Melihat Informasi Sumber Data
  • Melihat Hubungan Antar Query
  • Melihat Kualitas Data pada Tiap Kolom
  • Melihat Distribusi Data pada Tiap Kolom

Penanganan Error dan Troubleshooting

  • Informasi Pesan Kesalahan Query
  • Mengatur Ulang Sumber Data
  • Mengatasi Whitespace
  • Mengatur Column Profiling
  • Menyembunyikan Data Error
  • Mengganti Data Error

Fasilitas Training

Modul Pelatihan (PDF)
Panduan lab praktis dan step-by-step untuk memudahkan praktek

E-Certificate (PDF)
Bukti keikutsertaan training untuk meningkatkan portfolio

Record Training (MP4 Video)
Pelajari kembali detail materi training untuk penguasaan maksimal


Profil Trainer / Pemateri

Aris Lesmana  |  Microsoft Certified Trainer, Microsoft Certified Educator, Microsoft Office Specialist Master, dan Microsoft Office Specialist Expert yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam bidang IT sebagai Technical Consultant, Technical Trainer, Course Developer, dan Training Management.


Catatan

  • Link Zoom untuk mengikuti Online Training serta Link Download untuk Lab Files yang akan digunakan selama training akan disampaikan via WhatsApp ke tiap peserta H-1 menjelang pelaksanaan training.
  • Spesifikasi sistem yang disarankan untuk mengikuti Online Training ini:
    • Laptop / Komputer dengan Processor minimal Intel i3 atau yang setara
    • RAM 4 GB (sangat disarankan 8 GB atau lebih besar)
    • Microsoft Office 2016 atau versi yang lebih baru